Wakil Pengasuh lepas 18 Pramuka Nasyrul Ulum ikuti Raimuna Jawa Timur XIV

Selasa (14/11/2023) Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake, Dr. Zamzami Sabiq Hamid, M.Psi. melepas 18 Pramuka Nasyrul Ulum yang akan mengikuti Raimuna Jawa Timur XIV tahun 2023. Prosesi pelepasan yang dilaksanakan di Area Taman Literasi berlangsung khidmat yang diisi dengan arahan dan pesan pengasuh, doa bersama serta penyerahan bendera kontingen Nasyrul Ulum. Dalam pesannya Wakil Pengasuh menyampaikan kepada pramuka yang akan berangkat untuk bisa menjaga nama baik diri, nama baik keluarga dan nama baik Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake.

“Kalian merupakan duta Pramuka Nasyrul Ulum yang akan mengikuti event tingkat Jawa Timur. Untuk itu tunjukkan bahwa diri kalian bisa dibanggakan dan jadilah teladan bagi rekan-rekan lainnya. Jangan lupa selain pramuka kalian adalah santri. Maka tunjukkan dan jaga nilai kesantrian pada diri kalian,” tutur wakil pengasuh.

Delapan belas pramuka Nasyrul Ulum yang akan mengikuti Raimuna Jawa Timur XIV nantinya akan tergabung dalam Kontingen Cabang Sumenep bersama dengan pramuka utusan dari gugusdepan lainnya di Sumenep. Rencananya mereka akan mengikuti Raimuna Jawa Timur XIV di Bumi Perkemahan Pantai Prigi Trenggalek yang dilaksanakan pada tanggal 16-21 November 2023.

Sebanyak 1.355 anggota pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Timur dipastikan akan mengikuti gelaran akbar Raimuna Jawa Timur XIV. Sejumlah kegiatan telah disiapkan untuk Raimuna Jawa Timur kali ini. Mulai dari giat umum yang meliputi  upacara pembukaan, malam Brawijaya, Korve, hingga free innovation activity. Kemudian juga Giat khusus seperti karang pamitran, temu pinkon, wisata bindamping dan pinkon. Kemudian Giat Kultural dan Tradisi yang meliputi festival kuliner dan pentas seni.

Disamping itu peserta juga akan mengikuti Giat Adventure yang meliputi water rescue, penanaman mangrove, masak rimba, serta navigasi teknologi. Berikutnya peserta Raimuna juga diajak untuk mengikuti Giat Potensi Pesisir, yang meliputi pembakaran ikan dan pemindangan ikan. Ada pula giat rekreasi yang meliputi banana boat dan Wisata kapal. Serta ada giat palagan yang meliputi Selasar satuan karya, Selasar kwarran, Selasar Pramuka Produktif. Dan yang terakhir juga ada giat SDG’s yang sarat akan kegiatan bermanfaat. Seperti climate Hero, Pramuka produktif wirausaha, dunia perguruan tinggi, gerakan pemilu sehat, robotik, coding, database management system, paradigma digital marketing, budidaya udang, association of top achiever scouts, dan berbagi cerita lewat dunia jurnalistik.

“Ini event akbar lima tahunan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Saya harap adik-adik yang akan mengikuti kegiatan Raimuna Jawa Timur bisa mendapatkan nilai belajar dan pengalaman berharga sebagai bekal baginya ketika kelak di masyarakat,” pungkas Wakil Pengasuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *