Buka Jurusan APAT, SMK Nasyrul Ulum Bertekad Terus Kembangkan Potensi Kemaritiman di Madura

Upaya SMK Nasyrul Ulum Aengdake untuk terus mengembangkan potensi kemaritiman di Indonesia, khususnya di Pulau Madura terus dilakukan. Salah satunya dengan membuka jurusan baru yaitu Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT). Bertambahnya jurusan APAT menambah pilihan jurusan di SMK Nasyrul Ulum Aengdake yang sebelumnya sudah memiliki Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi).

“Alhamdulillah Izin Penambahan Program Keahlian sudah keluar. Kami tetap fokus pada bidang kemaritiman. Karena potensi kemaritiman kita sangat besar dan belum terkelola dengan baik. Makanya kami membuka jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar setelah sebelumnya kami memiliki jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan”. ujar Bapak Nurul Yaqin, M.Pd. selaku Kepala SMK Nasyrul Ulum Aengdake.

Kepastian penambahan jurusan baru di SMK Nasyrul Ulum Aengdake dipastikan setelah keluarnya Izin Penambahan Program Keahlian Baru SMK dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur nomor: 26/18.04/01/VII/2021.

“Setelah ijin keluar, tahun ajaran 2021/2022 ini kami langsung menerima pendaftaran untuk jurusan baru APAT”, sambung Bapak Nurul Yaqin.

Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar merupakan jurusan yang masih masuk dalam rumpun keilmuan kemaritiman, dan sampai saat ini potensi kemaritiman di Madura memang belum terkelola dengan baik. Di Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar, santri akan dikenalkan dengan Dasar-dasar Budidaya Perikanan, Kualitas Air dan Hama Penyakit, Produksi Pakan Alami dan Buatan, dll. Harapannya lulusan dari Agribisnis Perikanan Air Tawar jadi ahli dalam membudidayakan Ikan. Tidak hanya sampai disitu, lulusan dari jurusan APAT juga diharapkan bisa memproduksi pakan alami buatan, bisa berwirausaha dengan budidaya ikan air tawar yang banyak di sukai oleh masyarakat.

Pada jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar santri akan mempelajari Teknik Pengembangbiakan Komoditas Perikanan Air Tawar, Pengembangbiakan Komoditas Perikanan Air Tawar, Teknik Pendederan Komoditas Perikanan Air Tawar, Teknik Pembesaran Komoditas Perikanan Air Tawar dan Teknik Penanganan Pascapanen, dll yang merupakan keterampilan paling banyak di cari di bidang Perikanan Air Tawar.

“Prospek SMK Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar insya allah semakin baik kedepanya”. sambung Ibu Ismi Aulil Wardani, M.Si. Selaku Ketua Program Keahlian APAT SMK Nasyrul Ulum Aengdake.

Minat belajar di jurusan ini?? yuk langsung bergabung dengan kami…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *