SMK Nasyrul Ulum kembali Gelar KKI ke Sidoarjo untuk tingkatkan wawasan santri

Ahad (29/10/2023) SMK Nasyrul Ulum Aengdake kembali menyelenggarakan Kunjungan Kerja Industri (KKI) ke Fish Boster Centre Sidoarjo. Kegiatan tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi santri dengan dua kompetensi keahlian, yaitu Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) dan Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT).

Menurut kepala SMK Nasyrul Ulum Aengdake Bapak Nurul Yaqin, M.Pd, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan sekolah yang wajib diikuti santri SMK Nasyrul Ulum, untuk mengasah kemampuan linguistik dan menambah wawasan terkait industri berdasarkan kompetensi yang sedang diampu.

Sementara itu, seperti biasa pada saat pelepasan Dr. Zamzami Sabiq Hamid, M.Psi selaku Wakil Pengasuh memberikan wejangan kepada para santri “Bersikaplah seperti santri dimanapun kalian berada, jadilah santri yang hebat yang selalu semangat belajar dan berkarya. Berangkat dengan berbekal niat lurus dan suci, pulang harus mendapatkan ilmu serta wawasan baru”.

Dalam proses kunjungan kerja industri kali ini sebanyak 68 santri dengan didampingi 10 guru, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh para praktisi dibidang masing-masing. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari pembukaan, pengenalan lingkungan Fish Boster Centre berdasarkan kompetensi keahlian. Untuk APAT pengenalan kolam budidaya ikan, pembuatan pakan dan praktik pemijahan buatan ikan lele yang terdiri dari penyuntikan cairan ovaprim pada induk betina, pengambilan kantung sperma pada induk jantan, stripping sampai pada penebaran telur ke dalam wadah. Sedangkan untuk APHPi praktik fillet dan pembuatan abon ikan lele. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian materi.

Doorprize diberikan oleh Fish Boster Centre sebagai pemicu semangat para santri agar dapat menjawab pertanyaan serta berani bertanya terkait materi yang telah disampaikan. Sejumlah 12 santri mendapatkan dorprize berupa produk-produk olahan fish boster, seperti abon ikan lele, lele crispy, krupuk kulit, frozen food, dan produk olahan lainnya.

Fish Boster kami dulu tidak sebesar ini, tapi kami telah berhasil melalui berbagai macam hal kesulitan dan kami sadar bahwa masih banyak tantangan yang menunggu di depan sana. Sama seperti halnya kalian dalam menjalani kehidupan nanti. Untuk menjadi sukses, tidaklah mudah.Maka dari itu, nikmati hari ini. Harus semangat belajar selagi mampu dan bisa. Masa depan yang cerah menunggu kalian. Kami senang dan bangga bisa bermitra dengan sekolah kalian SMK Nasyrul Ulum”. Pesan salah satu teknisi Fauzan Arifin, S.Pi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *