SMK Nasyrul Ulum bekali siswa yang akan mengikuti Prakerin 2023

Menjelang pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tahun 2023, SMK Nasyrul Ulum menggelar pembekalan bagi siswa dan siswi kelas XI di Auditorium Ar-Rochmah Nasyrul Ulum, sesuai dengan kompetensi keahlian yang sedang ditempuh, pada Rabu (4/1/23).

Prakerin merupakan kegiatan tahunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bertujuan untuk mengimplementasikan materi yang telah siswa/i dapatkan di sekolah, serta merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran sebagai bekal masa depan.

Kegiatan pembekalan dihadiri oleh 19 siswi Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) dan 19 siswa Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Nasyrul Ulum, Bapak Nurul Yaqin, M.Pd.I dan pembekalan disampaikan oleh Ibu Ismi Aulil Wardani, M.Si sebagai Ketua Program Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT).

Bapak Nurul Yaqin, M.Pd.I menyampaikan bahwa adanya prakerin bisa meningkatkan etos kerja siswa serta dapat mengoptimalkan perencanaan karir siswa dalam menghadapi Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Selain itu, Kepala SMK Nasyrul Ulum juga dengan tegas menjelaskan tentang beberapa kewajiban, larangan serta sanksi yang akan didapat jika melakukan pelanggaran.

Prakerin tidak hanya tentang implementasi ilmu, tapi juga tentang disiplin dan bagaimana cara kamu berhubungan dengan orang lain dari berbagai kalangan usisa. Disiplin itu memang pahit, tapi ketika kamu disiplin kemungkinan untuk gagal bisa jadi nol”

Pada kesempatan yang sama, Kaprogli APAT juga mengajak para siswa agar bisa memanfaatkan kesempatan praktik untuk menimba ilmu dan membangun akses jaringan dengan dunia usaha dan industri (DUDI).

“Ketika kalian sudah mulai praktik nanti, kalian harus fokus dengan apa yang kalian lakukan pada waktu itu. Anggap diri kalian adalah karyawan yang memang sedang bekerja sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas diri. Serta jangan lupa ada beberapa laporan yang harus dilengkapi, seperti laporan harian, mingguan dan bulanan.” Tuturnya.

Ia juga menjelaskan tentang keselamatan dan kesehatan kerja, pengisian jurnal, absensi, dan kerangka penilaian, tata cara penulisan laporan, etika dan tata tertib di tempat prakerin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *