Santri Progli APHPI SMK Nasyrul Ulum diberangkatkan mengikuti Prakerin 2023

Siswa kelas XI APHPi SMK Nasyrul Ulum Aengdake Kecamatan Bluto, diberangkatkan untuk mengikuti Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang merupakan kegiatan tahunan sekolah, pada Sabtu (7/1/23).

Pemberangkatan siswa prakerin dilaksanakan dengan bertahap, dimana tahap pertama peserta secara keseluruhan merupakan siswa kelas XI Agribisnis Pengolahan Hasi Perikanan (APHPi) yang berjumlah 19 siswa. Dengan adanya kegiatan prakerin di dunia industri, diharapkan dapat mentrasfer ilmu teoritis yang telah didapat kepada ilmu terapan, membentuk pola pikir konstruktif, mengasah kemampuan yang selama ini masih terkungkung, melatih siswa untuk berkomunikasi secara profesional, membangun relasi dan memperkenalkan siswa dan siswi kepada dunia kerja yang sesungguhnya.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sebelum pemberangkatan siswa menerima arahan dari Kiai Dr. Zamzami Sabiq, M.Psi yang merupakan pengasuh PP. Nasyrul Ulum Aengdake. Beliau menyampaikan bahwa untuk menjadi santri yang berkompeten mereka juga harus siap terjun ke dunia industri, dengan membawa bekal ilmu yang telah dipelajari di sekolah serta akhlak yang baik.

“ Manfaatkan waktu sebaik-baiknya tanpa melakukan pelanggaran, karena ketika kalian melanggar hal itu akan merugikan: 1) Diri sendiri; 2) Orangtua; 3) Lembaga dan pastinya;  4) adik-adik kalian yang tahun depan juga akan melaksanakan prakerin. Jangan menjadi penyebab dihapusnya kegiatan Prakerin. Perbaiki niat, jadilah santri yang beradab dimanapun kalian berada.”

Prakerin dilaksanakan di tiga industri yaitu 1) UD. Al-Amin (Rajungan), Jl. Raya Libiliyan, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep yang dipimpin oleh Ach. Taufiq, 2) UD. Bahari Jaya (Rajungan), Jl. Raya Pakandangan Sangra, Bluto, Sumenep dengan nama pimpinan Sukandar, SE yang juga menjabat sebagai kepala Desa Pakandangan Sangra, dan 3) Marinal Indo Prima (MIP: Ekspor Ikan Teri), Jl. Raya Kapedi, Sumenep Bluto dengan nama pimpinan Mustafa, SE.

Terdapat tiga guru pendamping yang siap mengantar ke masing-masing industri serta mengarahkan dan membimbing siswa selama kegiatan prakerin terutama dalam hal penulisan laporan. Pada UD. Al-Amin didampingi Bapak Asyarif Hidayatullah, S.Pd, UD. Bahari Jaya didampingi Bapak Moh. Ali Usman, S.Pd.I dan MIP didampingi Ibu Ismi Aulil Wardani, M.Si.

“Saya harap  dengan adanya pendampingan, kegiatan prakerin terutama dalam penulisan laporan akan lebih terarah dan terprogress.” Jelas Bapak Asyarif Hidayatullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *