Tahun ini Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake Siapkan Beberapa Beasiswa untuk Santri Baru

Pendaftaran Santri Baru tahun pelajaran 2022/2023 di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake Bluto Sumenep sudah dibuka. Beberapa calon santri baru beserta walinya juga mulai tampak melakukan pendaftaran di sekretariat pesantren.

“Beberapa calon santri dan walinya sudah mulai mendaftar, ada yang dari Omben Sampang, Masalembu, Raas serta beberapa daerah lainnya di Sumenep,” ujar Bapak Muhlis Adiputra, S.Pd. selaku Ketua Panitia Penerimaan Santri Baru Tahun 2022/2023 ketika ditemui oleh tim redaksi (24/05/2022).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum tetap tidak memungut biaya pendaftaran dan uang gedung. Calon Santri dan Wali Santri tinggal mengisi formulir yang disiapkan dan menyerahkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan seperti fotocopy ijazah atau surat keterangan lulus, fotocopy Kartu Keluarga (KK), Fotocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu PKH bagi yang memiliki serta pas foto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Namun yang perlu diketahui oleh calon santri dan wali santri, pada tahun ini Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake menyiapkan beberapa beasiswa yang bisa dinikmati oleh para santri, seperti beasiswa yatim berprestasi, beasiswa unggulan, beasiswa peduli dan beasiswa tahfidz Al Quran.

“Untuk beasiswa yatim berprestasi semua biaya pendidikan kami tanggung. Mulai bebas uang seragam, bebas biaya 2 kali makan sehari jika mukim di pesantren, serta biaya-biaya lainnya gratis. Syaratnya adalah calon santri harus yatim. Beberapa calon santri yang yatim sudah mendaftar melalui beasiswa jalur ini, bahkan ada yang yatim ayahnya meninggal karena covid-19,” sambung Pak Mukhlis yang juga Guru Bahasa Indonesia di SMP Nasyrul Ulum Aengdake.

Beasiswa unggulan yang disediakan oleh Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake dikhususkan bagi calon santri yang memiliki prestasi baik dibidang akademik dan non akademik minimal ditingkat kecamatan. Syarat bagi penerima beasiswa ini dengan menyertakan bukti prestasi yang dimiliki oleh calon santri pada saat pendaftaran. Sedangkan Beasiswa Peduli dikhususkan bagi calon santri yang berasal dari keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Beasiswa Tahfidz Al Quran dikhususkan bagi calon santri yang berkeinginan fokus pada program tahfidz Al Quran dengan syarat memiliki hafalan minimal juz 30.

“Beasiswa-beasiswa yang disiapkan ini kami harapkan bisa benar-benar dimanfaatkan oleh calon santri Nasyrul Ulum Aengdake dan bisa tepat sasaran. Namun perlu juga diketahui bahwa kami menyediakan kuota calon santri terbatas karena kami juga melihat efektifitas dalam pembelajaran nantinya. Untuk itu mari segera daftarkan putra putrinya agar tidak sampai kehabisan kuota,” pungkas Bapak Mukhlis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.