Empat Pramuka Nasyrul Ulum ikuti Jambore Jawa Timur 2023

Alvin Jimlie Maulana, Dandi Dwi Saputra, Mohammad Devano dan Alifia Nisrina Yazid tampak sumringah ketika dilepas oleh Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah, SH. MH. untuk mengikuti Jambore Daerah Jawa Timur tahun 2023. Keempat santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake tersebut dilepas pada Senin (25/09/2023) bersama-sama seluruh Kontingen Cabang Sumenep di Kantor Pemkab Sumenep.

“Sebelumnya keempat adik didik kami ini mengikuti rangkaian seleksi calon peserta Jambore Jawa Timur yang dilaksanakan oleh Kwarcab Sumenep. Alhamdulillah mereka bisa lolos dan berhasil menjadi kontingen Sumenep untuk ikut dalam Jambore Jawa Timur di Tuban,” ujar Kak A. Fatoni Ketua Gugusdepan Pangkalan Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake.

Nantinya keempat santri tersebut akan mengikuti Jambore Jawa Timur yang digelar di Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo Parengan Tuban, pada tanggal 2-7 Oktober 2023.

“Suatu kebanggaan yang tidak ternilai. Adik-adik bisa belajar dan mencari pengalaman berharga dari kegiatan akbar pramuka penggalang Jawa Timur. Jambore ini kegiatan 5 tahun sekali, tentu ini momen luar biasa,” ungkap Kak Zamzami Sabiq selaku Kamabigus Pangkalan Nasyrul Ulum.

Jambore Jawa Timur Tahun 2023 rencana akan diikuti oleh 1.900 Pramuka penggalang se-Jawa Timur dan dilaksanakan dengan prinsip Safety, Security, Healthy. Program Jambore Jawa Timur 2023 dikembangkan dengan kegiatan yang bersifat rekreatif, edukatif dan produktif.  Rekreatif artinya membangun suasana yang menyenangkan. Edukatif adalah mengedepankan koridor pendidikan. Produktif adalah menghasilkan karya nyata. 

Jambore Jatim 2023 merupakan perkemahan akbar Pramuka Penggalang se-Jawa Timur. Tujuannya adalah membentuk perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, mengamalkan kode kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka, serta mengembangkan Pramuka Penggalang Jatim sebagai generasi emas Bangsa Indonesia yang berkarakter Pancasila untuk dapat menjadi pribadi yang produktif. 

Tema Jambore Jawa Timur 2023 yaitu Produktif, yaitu Patriotik, Religius, Edukatif dan Inovatif. Kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Kamabida Pramuka Jatim Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur) dan Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil serta Kamabicab Pramuka Tuban Aditya Halindra Faridzky (Bupati Tuban). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *