Nasyrul Ulum Jadi Lokasi KKN Tematik Mahasiswa UTM

Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake Bluto Sumenep mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang telah memilih Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Mahasiswa UTM. Kalimat tersebut disampaikan oleh Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake, Dr. Zamzami Sabiq Hamid, S.Psi., M.Psi. dalam sambutannya pada acara penyerahan mahasiswa KKN Tematik di Kediaman Pengasuh, Jumat (01/09/2023).

Wakil Pengasuh juga menyampaikan rasa gembira karena KKN ini sedikit banyak akan membantu masyarakat dalam hal ini Pondok Pesantren dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan ikut serta mencerdaskan masyarakat.

“Kami sangat terbuka dengan kedatangan teman-teman dari UTM yang akan melakukan KKN Tematik di pesantren kami. Apalagi fokus program adik-adik mahasiswa arahnya memang pada peningkatan kesejahteraan psikologis santri,” tutur Wakil Pengasuh kepada redaksi.

Dr. Netty Herawati, S.Psi., M.Psi. selaku Ketua Pelaksana KKN Tematik di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melakukan KKN Tematik di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake.

“Terima kasih kami sudah diterima untuk melakukan KKN di pesantren ini, tentu pada pelaksanaan KKN Tematik ini mahasiswa kami butuh banyak berdiskusi dan butuh masukan untuk pelaksanaan program yang akan dijalankan,” pungkas Dr. Netty yang juga merupakan Dosen Prodi Psikologi UTM.

KKN Tematik merupakan kegiatan yang bersifat edukatif dengan melibatkan mahasiswa dalam kehidupan masyarakat. KKN Tematik bertujuan agar mahasiswa dapat peka terhadap isu-isu yang terjadi dikalangan masyarakat, sumber daya yang perlu dikembangkan, dan aspirasi yang dimiliki oleh masyarakat. Melalui kegiatan KKN Tematik diharapkan dalam prosesnya dapat memunculkan interaksi yang bersinergi antara mahasiswa dengan masyarakat yaitu saling menguntungkan antara satu sama lainnya.

KKN Tematik Mahasiswa UTM di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aengdake memfokuskan pada program peningkatan ketahanan individu dan pemberdayaan psikologis dalam mencegah perundungan di Pondok Pesantren. Harapannya dengan kegiatan ini dapat menghasilkan budaya anti perundungan sehingga bisa meningkatkan ksesejahteraan psikologis santri yang ada di pondok pesantren. Terdapat 6 Mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik ini. Mereka berasal dari prodi Psikologi dan Hukum. Selama 3 bulan mahasiswa KKN akan melaksanakan beberapa rangkaian program mulai dari psikoedukasi bagi santri, konseling individu dan kelompok serta beberapa program lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *