Jaga Kualitas Lulusan, SMK Nasyrul Ulum laksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi

Menjaga kualitas lulusan Sekolah Menengah Kejuruan mutlak adanya, hal ini dimaksudkan agar lulusan SMK nantinya bisa bersaing di dunia kerja. Hal ini pula yang dilakukan oleh SMK Nasyrul Ulum Aengdake dengan menggelar Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) bagi siswa Pogram Studi Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) SMK Nasyrul Ulum lulusan 2019/2020.  Bertempat di Ruang Praktik Siswa APHPi, Senin (10/08) seluruh siswa Prodi APHPi SMK Nasyrul Ulum lulusan 2019/2020 tampak antusias mengikuti setiap tahapan ujian yang dilalui. Semua soal yang diberikan oleh penguji dikerjakan dengan cukup serius. Bertindak sebagai penguji yaitu Dr. Sugiono, M.Si.  (Penguji dari Industri Perikanan) dan Ibu Farihatus Sholihah, S.Pi. (Guru Produktif SMK Nasyrul Ulum yang juga memegang sertifikat sebagai penguji). 

“Meskipun masih dalam suasana pandemi, kami tetap melakukan USK bagi siswa lulusan 2019/2020. Tentunya  dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal ini tidak lain agar kompetensi yang dimiliki oleh siswa kami dan diperoleh selama studi disini dapat terjaga dan mendapatkan pengakuan dari dunia industri”, ujar Bapak Nurul Yaqin Kepala Sekolah SMK Nasyrul Ulum.

Sementara itu pelaksanaan USK dengan target produk Bakso Ikan yang diberikan oleh penguji dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama diikuti oleh mayoritas siswi SMK Nasyrul Ulum dan sesi kedua diikuti oleh siswa SMK Nasyrul Ulum.

“Pembagian dalam dua sesi ini kami lakukan karena pertimbangan efisiensi dan fokus penilaian. Sehingga penguji bisa fokus menilai kompetensi yang dimiliki oleh siswa”, ujar Bapak Wahyudiono, M.Agr. Kaprodi APHPi SMK Nasyrul Ulum.(red) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *