Jaga Kualitas Calon Lulusan, SMK Nasyrul Ulum Gelar UKK

SMK Nasyrul Ulum melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) pada Sabtu, 26 Maret 2022 sebagai bagian dari proses menjaga kualitas calon lulusan. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XII SMK Nasyrul Ulum Aengdake dan dipusatkan di Ruang Praktik Siswa (RPS). Beberapa macam kegiatan dilaksanakan dari uji praktik membuat bakso ikan hingga proses pengemasan dan dilanjutkan dengan ujian lisan yang diuji langsung oleh penguji ahli di bidang pengolahan perikanan baik penguji internal dan penguji eksternal.

“Diadakannya UKK adalah untuk mengukur sejauh mana kompetensi keahlian siswa yang telah dicapai selama ini. UKK ini juga upaya kami menjaga kualitas lulusan”, ujar Bapak Nurul Yaqin, M.Pd. selaku Kepala SMK Nasyrul Ulum Aengdake.

Selain itu, Ketua Pelaksana Wahyudiono, S.Pi., M.Agr juga menjelaskan “Tim penguji terdiri dari penguji internal yaitu seorang guru internal Farihatus Sholihah, S.Pi dan penguji eksternal dari dunia industri.”

Penguji eksternal Dr. Sugiono S.Pi., MP seorang Ahli Industri dari Marinal Indo Prima (MIP), yaitu sebuah industri ekspor ikan teri yang berlokasi di Kapedi, Sumenep merupakan Industri besar yang induknya berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Industri ini telah bekerjasama selama 5 tahun dengan SMK Nasyrul Ulum dari sebelumnya. Selain itu, UKK ini juga dihadiri oleh H. Jufriyadi, S.Pd selaku pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sumenep untuk melakukan monitoring  pelaksanaan UKK tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.