Jangan Lupa Nanti Malam, Siaran Langsung Istighosah Qubro Online

Dalam menghadapi wabah virus corona, berbagai ikhtiar dan langkah terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Usaha ini dilakukan untuk menangkal penyebaran virus corona yang terjadi di Jatim. Pemprov Jatim bersama Forkopimda, PWNU dan 19 kyai sepuh, mengajak masyarakat mengadakan Istighosah Qubro online, seperti dikutip dari laman Kominfo Jatim. Ini adalah langkah dalam segi spiritual selain Ikhtiar secara medik, sosial, dan ekonomi.

Istighosah Qubro online yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia tersebut rencananya akan disiarkan secara langsung melalui TVRI, RRI, Kominfo Jawa Timur, dan 9 televisi lokal. Istighosah ini akan diselenggarakan pada Rabu 8 April 2020 mulai pukul 19.30 WIB. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Selasa, 7 April 2020, mengajak masyarakat Jatim dan di manapun berada untuk istighosah bersama-sama. Gubernur Khofifah mengatakan, ikhtiar yang dilakukan ini melibatkan 19 kyai sepuh dan ulama dalam kordinasi PWNU Jawa Timur.

Gubernur Jatim mengajak seluruh masyarakat Jatim dan masyarakat yang bisa mengikuti istighostah secara online ini.  Bersama-sama berdzikir mohon kepada Allah agar virus covid-19 diangkat dari bumi Indonesia dan Jatim pada khususnya.

“Kemungkinan ini adalah Istighosah Qubro online pertama yang pernah dilakukan di negeri ini,” ujarnya.

Menurutnya, Istighosah Qubro online ini dilakukan karena untuk menjaga physical distancing, sehingga dilakukan secara online. Istighostah akan dilakukan dengan penuh keikhlasan, kekhusyukan dan dalam jumlah jamaah yang besar, maka cara yang ditempuh melakukan secara online. Gubernur berharap, bahwa ada proses diseminasi berikutnya. Ini adalah munajat kita kepada Allah SWT.

“Kita mohon kepada Allah, semoga doa kita diijabah. Masyarakat Indonesia sehat dan Covid-19 segera diangkat oleh Allah SWT dari bumi Indonesia dan bumi Jawa Timur,” harapnya.

“Mudah-mudahan kebersamaan kita, keikhlasan kita, kekusyukan kita beristighosah secara online dipandu dengan 19 masyayikh dan ulama PWNU Jatim akan menjadi bagian dari pintu pembuka keselamatan dan kesehatan diantara seluruh ikhtiar kita untuk bisa terbebas dari Covid-19 di Indonesia khususnya Jatim,” pungkasnya. ***

Dikutip dari laman https://portaljember.pikiran-rakyat.com/regional/pr-16362370/jangan-lupa-nanti-malam-siaran-langsung-istighosah-qubro-online?page=3

Leave a Reply

Your email address will not be published.